Beranda | Artikel
Dalil-Dalil Hari Berbangkit
Senin, 18 Oktober 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Dalil-Dalil Hari Berbangkit merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 11 Rabi’ul Awal 1443 H / 18 Oktober 2021 M.

Kajian Tentang Dalil-Dalil Hari Berbangkit

Iman terhadap hari berbangkit diwajibkan dalam Al-Qur’an dan sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Baik Qur’an maupun sunnah telah menunjukkan dengan bukti yang sangat otentik. Al-Qur’an mulai dari awal sampai akhir dipenuhi dengan penyebutan-penyebutan kondisi tentang hari akhirat dan menyebutkan juga secara rinci tentang hari akhirat.

Demikian juga dikuatkan lagi dengan berita-berita yang benar dan contoh-contoh yang bisa dijadikan sebagai pelajaran dan petunjuk. Sebagaimana yang disebutkan Al-Qur’an yang membuktikan tentang hal itu. Dan juga membantah terhadap orang-orang yang mengingkari, dan menjelaskan dusta dan kebohongan mereka.

Semua rincian demi rincian ini untuk meyakinkan kepada kita bahwa begitulah kondisi hari akhirat. Supaya kita mempersiapkan diri dengan amalan shalih untuk menghadapi hari-hari itu.

Semakin beriman dengan hari akhirat, maka hal itu akan semakin memudahkan dia untuk beramal shalih. Hal ini karena dihadapannya akan dia lalui hari-hari yang sulit jika di sini tidak berupaya membawa perbekalan.

Adapun mereka yang berusaha sebanyak-banyaknya membawa perbekalan, maka nanti di sana tidak akan sulit.

Fitrah yang lurus bisa menerima adanya hari akhirat. Dan tidak benar orang-orang sesat yang mengatakan bahwasanya hari berbangkit itu tidak masuk akal.

Ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menyebutkan dalam surah Yasin, Allah menceritakan tentang kondisi orang kafir yang menurut mereka hari berbangkit tidak akan mungkin. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَضَرَبَ لَنَا مَثَلًا وَنَسِيَ خَلْقَهُ ۖ قَالَ مَن يُحْيِي الْعِظَامَ وَهِيَ رَمِيمٌ ‎﴿٧٨﴾‏ قُلْ يُحْيِيهَا الَّذِي أَنشَأَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ ۖ وَهُوَ بِكُلِّ خَلْقٍ عَلِيمٌ ‎﴿٧٩﴾

“Dan ia membuat perumpamaan bagi Kami; namun mereka lupa bagaimana diawalnya diciptakan; mereka berkata: ‘Siapakah yang akan menghidupkan tulang belulang yang sudah hancur luluh?’ Katakanlah: ‘Yang menghidupkannya adalah dahulu pernah menciptakannya pertama kali. Dan Dia Maha Mengetahui tentang segala makhluk.`” (QS. Yasin[36]: 78-79)

Akal mereka mengatakan bahwa tidak akan mungkin tulang belulang yang sudah hancur menjadi tanah kembali menjadi manusia yang sempurna. Padahal Allah mampu menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada. Lalu bagaimanya hanya sekedar membangkitkan yang tadinya ada kemudian diadakan kembali? Tentu ini lebih mudah bagi Allah.

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajianyang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50896-dalil-dalil-hari-berbangkit/